Edukasi Seksual pada Anak dan Apa yang Perlu Diketahui di Usianya

edukasi seksual pada anak

Berbicara soal edukasi seksual pada anak, saya jadi ingat ketika Isya memberikan pertanyaan seputar tubuhnya ketika dimandikan. Agak bingung juga sih menjawab pertanyaan anak soal ini, namun saya ingat seorang psikolog mengatakan bahwa edukasi seksual pada anak itu juga penting lho dikenalkan sejak dini. Membahas edukasi seksual pada anak sedari dini merupakan salah satu langkah untuk menyelamatkan anak dari … Read more

Pengalaman Isya Ikutan Tes Denver di Lab Psikologi

tes denver

Beberapa waktu lalu Isya mendapat kesempatan untuk ikutan tes denver di lab psikologi salah satu universitas tempat dimana adik saya menempuh Magister Psikologi Profesi. Bisa dikatakan beruntung karena sebenarnya tes denver ini ngga gratis lho. Kalau ke psikolog, kita mesti bayar hehehe.. jadi aji mumpung Isya bisa ikutan tes denver yang jadi salah satu materi praktik kakak-kakak Magister di … Read more

Revitalisasi Rinding Sebagai Warisan Budaya

revitalisasi rinding

Konon, seorang Dewi yang melambangkan kemakmuran serta kesuburan sangat suka dengan satu alat musik yang dimainkan oleh rakyatnya. Ketika hasil panen musim itu sangat baik dan melimpah, rakyat akan mengarak hasil bumi sambil bersuka cita dengan memainkan satu alat musik bernama rinding. Suaranya khas, hingga saya tak pandai mengungkapkannya dalam bentuk kata-kata. Siapa sangka, ternyata … Read more

Menjawab Pertanyaan Anak: Kenapa Bapak Kok Kerja Terus?

kenapa bapak kok kerja terus

Seringkali saya mendapatkan pertanyaan seperti itu dari Isya, Kenapa Bapak kok kerja terus sih Buk? Kalau dia sedang dengan Bapaknya dan saya sedang bekerja, maka pertanyaannya akan berubah menjadi: Kenapa Ibuk kok kerja terus sih Pak? Kira-kira kenapa ya Bun? Normal ngga sih anak kita menanyakan hal itu terus menerus? Bahkan kita yang ditanya sampai bosan dan emosi … Read more

Menghadapi Pertanyaan Anak tentang Kerja dan Uang

pertanyaan anak tentang kerja dan uang

Kenapa Ibuk kok harus kerja? Kenapa kok Bapak harus kerja? Di rumah aja sama Isya.. Seriiiiinnnngg banget anak saya mengucapkan kalimat itu meskipun sudah berkali-kali juga dijelaskan sebabnya. Sudah berkali-kali juga dia mau memahami, tapi kemudian ketika dia tidak ingin bermain sendiri, kalimat tersebut keluar lagi, hahaha.. Pertanyaan anak tentang kerja dan uang adalah salah satu pertanyaan anak … Read more

Kolaborasi #SuamiIstriMasak, Jadikan Perbedaan Mars dan Venus Semanis Kecap ABC

kolaborasi suami istri masak

Sejak ada Isya, saya dan suami jarang sekali punya kualitas ngobrol yang baik. Suami saya orangnya memang pendiam, jarang mengungkapkan perasaan menggunakan kata-kata. Sedangkan saya, orangnya ekspresif. Saya sering banget panggil suami saya Cinta, Sayang, dan sebutan lainnya-yang kata teman-teman saya lebay- hehe. Saya juga jadi sering marah-marah sejak ada Isya. Mungkin karena memang capek, jarang ngobrol berdua, komunikasi juga ngga efektif. Kadang kalau saya bicara, suami mendengarkan … Read more

Penanggulangan Bencana Inklusif Bagi OYPMK dan Penyandang Disabilitas

penanggulangan bencana inklusif

Berbicara soal penanggulangan bencana inklusif, kita diingatkan dengan duka akibat gempa di wilayah Cianjur dan sekitarnya beberapa pekan lalu. Duka di Cianjur ini hanyalah satu dari ribuan kasus bencana alam yang terjadi di tanah air. Ketika membaca dan melihat kondisi Cianjur saat itu saya ikut sedih sekaligus khawatir akan terjadi lagi hal yang sama. Lalu … Read more

Mengatasi Anak yang Pilih-Pilih Makanan Menurut Psikolog

anak yang pilih-pilih makanan

Dulu Isya bukan termasuk bayi atau anak yang pilih-pilih makanan. Sejak MPASI, apa saja dia makan, apa saja yang saya sajikan dia doyan. Namun ketika usianya mulai memasuki 1 tahun atau lebih (persisnya saya lupa), dan makanannya sudah mulai “agak kasar” dan kenal dengan nasi, saat itulah Isya mulai menjadi anak yang pilih-pilih makanan. Kenapa … Read more

Ketika Anak Tidak Mau Sekolah, Apa yang Harus Ibu Lakukan?

ketika anak tidak mau sekolah

Beberapa hari yang lalu akhirnya saya merasakan bagaimana rasanya ketika anak tidak mau sekolah. Dulu, saya termasuk perempuan yang punya pemikiran “yaudah deh biarin aja kan masih PAUD juga ini, ngga usah dipaksa masuk sekolah kalau emang dia ngga mau.”  Namun ketika anak tidak mau sekolah kemarin entah mengapa rasanya saya ingin marah hehe.. padahal kalau dipikir-pikir … Read more

Mengajarkan Motivasi pada Anak, Bagaimana Caranya Ya?

mengajarkan motivasi pada anak

Mengajarkan motivasi pada anak menurut saya menjadi bab tersendiri yang harus dipelajari. Beberapa kali saya mendengar Isya berkata setiap akan memulai harinya: Buk kenapa Isya kok sekolah? Isya capek.. Begitu katanya. Waduh kalau sudah seperti itu saya berusaha memutar otak untuk mendapatkan jawabannya. Kayaknya nih anak kurang motivasi aja nih..  Kadang saya menjawabnya: Isya harus sekolah karena harus … Read more

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)